Bekerja dengan Java Class Library

Tujuan
Pada artikel  ini, kita akan mengantarkan beberapa konsep dasar dari Pemrograman
berorientasi obyek (Object Oriented Porgramming). Selanjutnya, kita akan membahas
konsep dari class dan obyek, serta penggunaan class dan anggota-anggotanya termasuk
perbandingan, konversi dan pengubahan obyek. Untuk saat ini, kita memfokuskan dalam
penggunaan class yang telah dijabarkan dalam Java Class library, lalu akan kita lanjutkan
tentang pembuatan class anda sendiri.
Pada akhir pembahasan, diharapkan pembaca dapat :
1. Menjelaskan mengenai Pemrograman berorientasi Obyek dan beberapa konsepnya
2. Perbedaan antara class dan obyek
3. Pebedaan antara variabel/method yang diturunkan dan variable/method class (static)
4. Menjelaskan mengenai method, serta cara pemanggilan dan pemberian parameter ke
dalam method
5. Mengidentifikasi beberapa jangkauan dari sebuah variabel
6. Mengubah tipe data dan obyek primitif
7. Membandingkan obyek dan menjabarkan class dari obyek.

Pengenalan Pemrograman Berorientasi Obyek
OOP berputar pada konsep dari obyek yang merupakan elemen dasar dari program Anda.
Ketika kita membandingkan dengan dunia nyata, kita dapat menemukan beberapa obyek
disekitar kita seperti mobil, singa, manusia dan seterusnya. Obyek ini dikarakterisasi oleh
atribut dan tingkah lakunya.

Class dan Object
Perbedaan Class dan Object
Pada dunia perangkat lunak, sebuah obyek adalah sebuah komponen perangkat lunak yang
stukturnya mirip dengan obyek pada dunia nyata. Setiap obyek dibangun dari sekumpulan
data (atribut) yang disebut variabel untuk menjabarkan karakteristik khusus dari obyek, dan
juga terdiri dari sekumpulan method yang menjabarkan tingkah laku dari obyek. Bisa
dikatakan bahwa obyek adalah sebuah perangkat lunak yang berisi sekumpulan variabel dan
method yg berhubungan. Variabel dan method dalam obyek Java secara formal diketahui
sebagai variabel instance dan method instance. Hal ini dilakukan untuk membedakan dari
variabel class dan method class, dimana akan dibahas kemudian.
Class adalah sturktur dasar dari OOP. Class terdiri dari dua tipe dari anggota dimana disebut
dengan field (attribut/properti) dan method. Field merupakan tipe data yang didefinisikan
oleh class, sementara method merupakan operasi. Sebuah obyek adalah sebuah instance
(keturunan) dari class.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s