JAVA DISANA SINI

Ternyata nama Java tidak hanya milik orang Jawa atau Indonesia. Saatnya Anda ikut merasakan kehebatan bahasa pemrograman Java, yang dapat berjalan di berbagai sistem operasi dan peranti keras komputer.

Java kini merajai komputasi di system enterprise dan Internet. Padahal saat dirintis sekitar tahun 90-an, Java justru dirancang buat sistem kecil-kecil seperti TV kabel atau home theater. Setelah berjalan lebih dari empat tahun, ternyata pasar tersebut tidak berkembang. Pemimpin proyek Java, James Gosling, bahkan sampai khawatir masa depannya bakal suram. Lalu terbersit ide, mengapa tidak mencoba ke Internet? Keputusan setengah putus asa di tahun 1994 ini ternyata menjadi nasib baik mereka dan juga seluruh dunia. Artikel ini secara singkat memperkenalkan keunikan dan kelebihan Java yang membuatnya sukses. Setelah itu akan dibahas bagaimana menyiapkan sarana untuk membangun dan menjalankan program Java di mesin Linux Anda.

Sekali tulis, lari di mana saja

Ada tiga ide cemerlang yang menjadi cirri kesuksesan Java, yaitu bahasa, kode byte, dan virtual machine. Seperti terlihat pada Gambar 1, siklus hidup Java dimulai dari kode sumber yang ditulis manusia (pemrogram) memakai bahasa Java. Bahasa ini merupakan bahasa berorientasi objek yang diturunkan dari C++ dengan banyak penyempurnaan. Pada umumnya, para pakar berpendapat bahwa bahasa Java memiliki konsep yang konsisten dengan teori pemrograman objek dan aman untuk diimplementasikan. Kini universitasuniversitas di berbagai negara berpaling dari Pascal atau C++ dan memilih Java sebagai bahasa untuk belajar memprogram. Setelah selesai ditulis, kode sumber Java harus diubah menjadi kode siap eksekusi dengan menggunakan Java Development Kit (JDK). Di sini letak keunikan Java. Java menggunakan kode byte yang portabel dan modular. Portabel karena dia bukan kode mesin prosesor (peranti keras) tertentu, justru sebaliknya dia bisa dimuat ke berbagai landasan komputer maupun system operasi. Dia juga modular karena tiap objek dikompilasi menjadi satu file kelas (class) yang mandiri. Aplikasi lengkap Java merupakan kumpulan beberapa file kelas. File-file kelas ini dapat disatukan dan dipadatkan menjadi file jar (Java archive). Pada akhirnya, kode byte tersebut akan dijalankan sebagai program oleh Java Runtime Environment (JRE). Untuk masing-masing landasan komputer dan sistem operasi, tersedia JRE yang berbeda. JRE inilah yang menyembunyikan si landasan dan menyediakan lingkungan yang serupa bagi program Java agar dapat bekerja sebagai mana mestinya. Dengan strategi ini, Java mampu menjadi peranti lunak yang “write once run everywhere”.

Gambar 1. Tahap-tahap pengembanganSatu alat buat segala keperluan

Kunci lain kesuksesan Java adalah beragamnya arsitektur program yang didukungnya (Gambar2). Dengan Java Anda bisa membangun program aplikasi yang berjalan di satu komputer, program terdistribusi yang bekerja antara beberapa komputer, bahkan program mobileagent yang bisa melompat-lompat dari satu komputer ke komputer lainnya di Internet. Arsitektur-arsitektur tesebut sangat menunjang komputasi tersebar dan paralel, sehingga Java sangat populer di kalangan peneliti dan akademik. Sementara itu di dunia bisnis, arsitektur Java yang menarik adalah applet, servlet, Java Server Page (JSP), dan Javascript. Sejauh ini, arsitektur-arsitektur tersebut merupakan pilihan terlengkap yang bisa disediakan oleh satu alat pengembangan. Aplikasi adalah arsitektur Java paling klasik, di mana kode sumber dikompilasi menjadi kode byte lalu dijalankan menjadi program di sebuah komputer. Aplikasi Java mampu bekerja dengan antarmuka teks maupun grafik untuk mengerjakan Ternyata nama Java tidak hanya milik orang Jawa atau Indonesia. Saatnya Anda ikut merasakan kehebatan bahasa pemrograman Java, yang dapat berjalan di berbagai system operasi dan peranti keras komputer. Di Sini Java, di Sana Java.

Sumber : www.infolinux.web.id

One thought on “JAVA DISANA SINI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s